Wabup Solsel: Musrenbang Harus Terbuka dan Bahan Rencana Prioritas

  Selasa, 6 Februari 2024   60 kali   Administrator

Padang Aro - Seluruh kecamatan di Kabupaten Solok Selatan telah menyelesaikan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2025. Seluruh rencana pembangunan prioritas di seluruh kecamatan ini nantinya akan dibahas dalam Musrenbang tingkat kabupaten.

Wakil Bupati Solok Selatan H. Yulian Efi menegaskan bahwa pelaksanaan tahapan musrenbang ini mulai dari pengusulan dari tingkat jorong, nagari, hingga ke kecamatan dilakukan secara terbuka bersama dengan masyarakat.

"Proses musrenbang dijalankan dan terbuka untuk umum. Dalam musrenbang ini disampaikan usulan dan menegaskan kembali bahwa kegiatan ini dilakukan secara berjenjang dan berharap masyarakat menjadikan forum ini untuk menyampaikan usulan yang baik bagi pembangunan," kata Yulian saat membuka Musrenbang Kecamatan Sungai Pagu di Lapangan Hijau Koto Baru, Selasa (6/2/2024).

Dirinya mengharapkan agar seluruh usulan yang diputuskan dalam musrenbang ini merupakan rencana pembangunan yang mendesak dan betul-betul berdampak pada masyarakat.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPRD Solok Selatan Armen Syahjohan mengapresiasi dilaksanakannya musrenbang ini. Dengan selesainya musrenbang ini diharapkan pembahasan selanjutnya betul-betul mempertimbangkan skala prioritas.

Adapun musrenbang di kecamatan ini menyampaikan sejumlah rencana pembangunan baik untuk pembangunan fisik maupun peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Beberapa hal yang diusulkan mulai dari normalisasi/restorasi sungai, pembangunan bangunan perkuatan tebing, pembangunan jalur irigasi, dan pembangunan serta rehabilitas sejumlah jalan.

Kemudian juga mengharapkan dilakukannya pembinaan bagi UMKM, kelompok sadar wisata (pokdarwis), dan kelompok ekonomi kreatif. Selain itu diharapkan adanya pengadaan alsintan bagi petani, dan rehabilitas sarana dan prasarana untuk sejumlah makam tokoh.

Pembangunan sarana dan prasaran sejumlah sekolah juga diajukan untuk tahun depan. Selain itu juga diharapkan diberikannya bantuan untuk masyarakat disabilitas, dan pembangunan rumah tahfidz. 

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan beras cadangan pangan pemerintah untuk masyarakat di Kecamatan Sungai Pagu. Bantuan ini diberikan bagi masyarakat yang masuk dalam data Program Keluarga Harapan (PKH) dan keluarga dengan kemiskinan ekstrem. (DISKOMINFO)