Upacara Peringatan Sumpah Pemuda di Solsel, Ingatkan Peran Pemuda Dalam Membangun Bangsa

  Jumat, 28 Oktober 2022   166 kali   Administrator

Padang Aro - Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menggelar upacara pengibaran bendera. Upacara yang berlangsung hikmat tersebut ditujukan untuk mengingat kembali peran para pemuda dalam menggelorakan semangat berbangsa sebagai upaya merebut kemerdekaan hingga membangun negara saat ini.

Wakil Bupati Solok Selatan H. Yulian Efi  saat membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga menyampaikan bahwa Peringatan Sumpah pemuda ini menjadi upaya untuk menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

"Sejarah telah menegaskan bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam mempelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa," kata Yulian dalam pidatonya tersebut, Jumat (28/10/2022).

May be an image of 3 people, people standing and outdoors

Di masa kini, peran pemuda masih diperlukan dalam meneruskan perjuangan kemerdekaan dan membangun Indonesia secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah.

Sama seperti para pemuda dalam perjuangan kemerdekaan, lanjutnya, peran pemuda di masa kini juga akan menjadi penentu kemajuan bangsa di masa yang akan datang.

"Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya," imbuh Yulian.

Ini sesuai dengan tema peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 ini yakni Bersatu Bangun Bangsa yang memberikan pesan bahwa persatuan adalah harga mati dalam pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi dari bangsa Indonesia.

Di tengah kondisi saat ini, pemuda Indonesia penuh dengan optimisme meski banyak tantangan yang tidak ringan. Untuk itu diperlukan upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda untuk menjadi lebih kreatif, inovatif, kolaboratif, dan mandiri serta berkarakter.

Terakhir, Wakil Bupati menyampaikan bahwa momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 ini bisa digunakan untuk mulai meningkatkan semangat membangun bangsa.

May be an image of 6 people, people standing and outdoors

Adapun upacara peringatan di Solok Selatan ini dilangsungkan di halaman Kantor Bupati Solok Selatan, bertindak sebagai inspektur upacara adalah Wakil Bupati Solok Selatan. Turut hadir Sekretaris Daerah, jajaran Forkopimda, dan seluruh kepala OPD.

Upacara ini dihadiri oleh seluruh ASN di lingkungan pemerintahan Solok Selatan, siswa SD dan SMP dengan iringan drum band dari SMP 14 Solok Selatan dan siswa dari SMA N 6 Solok Selatan sebagai penggerek bendera. (DISKOMINFO)

May be an image of standing and outdoors