Tingkatkan Kualitas SDM, Pemerintah Dorong Penguatan PAUD

  Kamis, 1 September 2022   166 kali   Administrator

Padang Aro - Pendidikan anak usia dini menjadi salah upaya yang dilakukan pemerintah untuk pengembangan sumber daya manusia sebagai bagian dari percepatan kebangkitan dan kesejahteraan masyarakat Solok Selatan sesuai dengan visi dan misi kepala daerah.

Ketua GOW Hj. Bet Yulian Efi, mewakili Bunda Paud Solok Selatan, Hj. Erniati Khairunas, mengatakan pemerintah telah membuat program Paud Holistik Integratif (PAUD HI) untuk memenuhi kebutuhan esensial anak. Program ini dicanangkan oleh pemerintah pusat berdasarkan PP Nomor 60 Tahun 2013 Tentang Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif.
Mungkin gambar 5 orang, orang duduk dan teks yang menyatakan 'INFORMASI PUBLIK Hak Anda Untuk UntukTahu..! Tahu. ppid.solselkab.go.id SELAMAT DATANG Peserta Bimbingan Teknis Penyelenggaraan nggaraan PAUD Holistik Integratif (PAUD HI) Dinas Pendidikan Kepemudaan& Olahraga PAUDP Goldco-ASeptabe2028 www.solselkab.go.id f @solokselatankab'
Hal ini disampaikan dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaraan Paud Holistik Inteqratif (PAUD HI) Tahun 2022.
“Makanya Paud Holistik Integratif suatu layanan yang di selenggarakan secara menyeluruh dan terpadu dalam upaya memenuhi kebutuhan esensial anak mencakup Pendidikan, Kesehatan, Gizi, Pengasuhan, Perlindungan dan kesejahteraan dalam rangka mewujudkan Anak Indonesia yang sehat, Cerdas, Ceria dan beraklak mulia yang dilakukan secara simultan sistematis dan terintegrasi,” kata Bet di KB Pendidikan Non Formal Solok Selatan Golden Arm, Kamis (1/9/2022).
Mungkin gambar 6 orang, orang duduk, orang berdiri, kerudung dan teks
Dia mengungkapkan, untuk mewujudkan PAUD HI diperlukan adanya gugus tugas sebagai upaya gerakan bersama dalam melakukan perubahan dan terobosan untuk meningkatkan pengembangan SDM, dalam hal ini anak usia dini.
Dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas layanan bagi anak usia dini di lembaga paud melalui layanan pendidikan, pengasuhan, kesehatan, gizi, dan perlindungan bagi anak usia dini.
Selain itu, juga untuk dapat meningkatkan kesadaran partisipasi dan peran serta masyarakat terhadap pentingnya pelayanan pendidikan, kesehatan, gizi, pengasuhan dan perlindungan bagi anak usia dini di lembaga-lembaga Paud. Serta meningkatkan koordinasi, Integrasi dan sinergitas dari pemangku kepentingan dalam pembinaan program PAUD HI.
Acara ini dihadiri oleh Ketua GOW Ibu Hj. bet Yulian Efi, Ketua DWP Fitri Syamsurizaldi dan Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan diwakili oleh Kabid Pembinaan Paud PNF.
Pembicara dalam kegiatan ini adalah Mega Berita Cristina dari DP2KBP3A, Mil Ul Azmi yang merupakan Kepala Bidang Pembinaan Paud dan PNF Dinas Pendidikan, Nella Novita yang adalah Kasi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter, dan Dr. Yenita Irawati dari BBPMP Provinsi Sumbar.
Peserta kegiatan ini terdiri dari 63 lembaga/satuan yang belum Paud HI, dari total 163 Paud di Solok Selatan. (DISKOMINFO)