Unand Paparkan Hasil Penelitian Guna Pembangunan Berkelanjutan di Solok Selatan

  Selasa, 13 Desember 2022   164 kali   Administrator

Padang Aro - Guna mendukung pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Solok Selatan, pemerintah kabupaten bekerja sama dengan Universitas Andalas untuk melakukan penelitian terhadap potensi di Solok Selatan. Hasil penelitian ini kemudian dipaparkan sehingga menjadi salah satu pertimbangan dalam pembangunan kabupaten.

Wakil Bupati Solok Selatan H. Yulian Efi mengatakan kerja sama dengan akademisi ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk pengembangan manusia dan masyarakat.

"Hasil kajian ini dapat bermanfaat dalam rangka pembangunan terutama, dalam pencapaian visi misi Kabupaten Solok Selatan, diantaranya jalan tembus ke Dharmasraya, sorgum, pengembangan sapi dan peternakan lainnya," kata Yulian dalam Diseminasi Hasil Penelitian di Aula Sarantau Sasurambi, Selasa (13/2/2022).

Yulian mengatakan pemerintah kabupaten mendukung penuh penelitian yang dilakukan, baik oleh perguruan tinggi maupun oleh Balitbang provinsi. Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari kerja sama Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dengan Universitas Andalas (Unand).

Lebih lanjut, Guru Besar Antropologi Unand Prof. Dr. rer. soz. Nursyirwan Effendi mengatakan penelitian yang dilakukan diterapkan multidisiplin dengan menggunakan asumsi setiap masalah dalam pembangunan daerah.

"Hasil penelitian ini di dalamnya terdapat multidisiplin. Riset yang kami lakukan dengan asumsi setiap masalah dalam pembangunan daerah, diatasi dengan multi disiplin ilmu (juga)," kata Nursyirwan di kesempatan yang sama.

Dia mengungkapkan penelitian ini ditujukan untuk membangun komunikasi dengan berbagai sektor, khususnya dengan pemerintah. Tujuannya adalah untuk kepentingan masyarakat dan kepentingan daerah dalam hal pembangunan.

"Diseminasi ini kami sampaikan tidak hanya paparan, tapi juga teruji secara ilmiah serta dapat diterapkan. Kami melakukan riset juga berkelanjutan, tidak berhenti hanya pada hasil tapi juga dengan sistem yang berkelanjutan, dan juga pembangunan komunikasi di berbagai sektor, termasuk pembangunan sumber daya manusia untuk generasi yang melanjutkan mimpi kita di masa depan," paparnya.

Terdapat lima penelitian yang dilakukan di Solok Selatan dan dipaparkan kepada pemerintah. Penelitian tersebut antara lain:

- Modal Sosial: Eksistensi Lembaga Keuangan Agribisinis (LKMA)

- Jagung Komposit Sebagai Alternatif Kelangkaan Benih Jagung Hibrida

- Pengembangan Lebah Galo-Galo Sebagai Sumber Pendapatan dan Ketahanan Pangan di Kabupaten Solok Selatan

- Budaya Lebah Madu Kelulut Sebagai Alternatif Mata Pencaharian Masyarakat

- Meningkatkan Ekonomi dan Kesehatan Masyarakat dengan Pembuatan Biskuit Poran VCO Probiotik. (DISKOMINFO)