Tingkatkan Kompetensi dan Pelayanan, Pemkab Solsel Tanda Tangani MoU dengan Perguruan Tinggi dan IDI

  Senin, 10 Oktober 2022   78 kali   Administrator

Padang Aro - Dalam rangka peningkatan kompetensi dan pelayanan, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melakukan kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Sumatera Barat dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Sumatera Barat.
Untuk itu, Bupati Solok Selatan H Khairunas melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) mengesahkan kerja sama tersebut pada Senin (10/10/2022).
Kerja sama tersebut dilakukan secara bersamaan dengan Universitas Ekasakti, Universitas PGRI Sumatera Barat, STIA LPPN Padang, STIE KBP Padang, dan Akademi Keuangan dan Perbankan Pembangunan Padang.
Mungkin gambar 7 orang, orang duduk, orang berdiri dan dalam ruangan
Kerja sama dengan lembaga pendidikan ini tentang pelaksanaan pendidikan, penelitian pengabdian, dan pengembangan kompetensi di Kabupaten Solok Selatan.
Kerjasama Pemkab dengan IDI Wilayah Sumatera Barat tentang pelayanan kesehatan dan praktek kedokteran di Kabupaten Solok Selatan.
Bupati Solok Selatan H. Khairunas mengatakan kerja sama ini menunjukkan bahwa dalam menjalankan pemerintahan, pemda tidak bisa berdiri sendiri. Dibutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mencapai target yang telah ditetapkan.
Mungkin gambar 4 orang, orang duduk, orang berdiri dan dalam ruangan
“Kami atas nama Pemkab Solok Selatan tentu apa yang diinginkan perguruan tinggi dan IDI bahwa MoU bukan seremonial saja. Paling penting tindak lanjut apa yang harus dilakukan. Kami mendukung seluruh bentuk kerja sama yang dibutuhkan,” kata Khairunas di Aula Sarantau Sasurambi.
Bupati menyebutkan, Solok Selatan akan membuka diri seluas-luasnya untuk memberikan ruang kerja sama dengan seluruh perguruan tinggi dalam hal penelitian dan pengabdian masyarakat, terutama guna mendukung kemajuan kabupaten.
“Kami di Solok Selatan ingin berkembang maju dan ingin sama dengan kabupaten kota lain di Sumatera Barat. MoU akan ditindaklanjuti dengan kerja sama yang baik dan terperinci lagi,” imbuh Bupati.
Dalam sambutannya, Rektor Universitas Ekasakti Dr. Otong Rosadi, SH., M.H mengatakan MoU ini nantinya akan dilanjutkan dengan perjanjian kerja sama yang lebih terperinci, yang akan melibatkan fakultas yang ada di masing-masing perguruan tinggi.
Lebih lanjut, Prof. Dr. Ansofino, M.Si mengatakan kerja sama ini mendukung visi Kabupaten Solok Selatan yakni mewujudkan Solok Selatan yang maju dan sejahtera.
Mungkin gambar 3 orang dan orang berdiri
"Yang dibutuhkan mitra kerja sama dan pengguna. Jadi kerja sama mitra bersedia untuk melakukan riset bersama atau memanfaatkan hasil riset, area pengabdian masyarakat. Dari situ akan muncul inovasi baru sesuai bidang keahlian," kata Ansofino di kesempatan yang sama.
Lebih lanjut, Ketua IDI Wilayah Sumatera Barat dr. Pom Hary Satria mengatakan pihak IDI akan menunggu prioritas kerja sama yang akan dilakukan dari pemerintah daerah Solok Selatan.
Mungkin gambar 4 orang, orang duduk dan orang berdiri
"Solok Selatan akan kami tunggu prioritas yang diarahkan. Kerja sama ini akan bicara konteks program, lingkungan, dan pelayanan kesehatan. Ini yang akan disenergikan dengan yang diinginkan," jelas dia.
Kerja sama dengan Pemda Solok Selatan dengan perguruan tinggi dan IDI ini akan berlaku selama lima tahun ke depan.
Penandatanganan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Solok Selatan, Sekretaris Daerah, staf ahli, asisten dan jajaran kepala OPD. Juga dihadiri oleh seluruh pihak yang melakukan penandatanganan MoU. (DISKOMINFO)