Tingkatkan Daya Saing UKM, Pemkab Gelar Pelatihan

Copy_of_Tema_Februari_2023_(4).png

Padang Aro - Untuk terus meningkatkan daya saing UKM yang ada di Solok Selatan, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi & UKM memberikan pelatihan untuk diversifikasi produk makanan olahan durian.

Bupati Solok Selatan H. Khairunas mengatakan dalam upaya untuk mewujudkan salah satu misi pemerintah, yakni peningkatan ekonomi kerakyatan dan daya saing daerah telah dilakukan berbagai upaya untuk mendukung pertumbuhan dan berkembangnya UMKM.

"Upaya yang kita laksanakan adalah menggenjot pertumbuhan dan perekembangan UMKM dengan pelaksanaan even/acara yang melibatkan UMKM, dan juga malakukan pembinaan, bantuan serta membantu memasarkan produk UMKM," kata Khairunas saat membuka acara pelatihan bertajuk Pelatihan Peningkatan Mutu Diversifikasi Produk Makanan Olahan Durian di HOtel Pesona Alam Sangir, Senin (20/2/2023).

Sebagai salah satu komoditi paling besar jumlahnya di Solok Selatan, hampir tersebar di seluruh kecamatan, durian menjadi komoditas yang sedang digadang-gadang oleh pemerintah. Terutama karena jumlahnya yang berlimpah saat musim datang dan rasanya yang mempunyai ciri khas.

"Sebagai langkah inovasi, kita pemerintah daerah dalam 2 tahun terakhir telah melaksanakan kegiatan festival durian. Hal ini kita maksudkan untuk mempromosikan komoditi tersebut baik lokal maupun nasional," terang Bupati.

Pelatihan ini merupakan upaya lainnya untuk mendukung hilirisasi durian tersebut. Tujuannya untuk lebih meningkatkan nilai serta ketahanan komoditinya. Selain itu juga untuk meningkatkan daya saing serta memunculkan varian menu/produk berupa hilirisasi dari  olahan durian.

"Kepada OPD terkait agar tidak berhenti disini saja, betul-betul dilakukan pembinaan terhadap IKM kita hingga mereka mampu mengangkat citra durian Kabupaten Solok Selatan," tandasnya.

Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, yakni mulai 20 Februari dan akan berakhir pada 22 Februari 2023 nanti. (DISKOMINFO)