Semarakkan Kawasan Saribu Rumah Gadang, Pemkab Bakal Gelar CFD Rutin

  Minggu, 11 Desember 2022   166 kali   Administrator

Padang Aro - Untuk menyemarakkan Kawasan Saribu Rumah Gadang di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan bakal menggelar acara bebas kendaraan bermotor alias car free day (CFD) secara rutin di kawasan tersebut.

Bupati Solok Selatan H. Khairunas mengatakan Kawasan Saribu Rumah Gadang merupakan aset yang besar dan harus dirawat bersama. Kawasan ini diharapkan bisa berkembang sebagai salah satu destinasi wisata di Solok Selatan.

"Saya akan instruksikan untuk mengadakan CFD di sini dua bulan sekali secara rutin... Kita ga boleh menelantarkan aset yang luar biasa besar ini," kata Khairunas saat mengikuti CFD di Kawasan Saribu Rumah Gadang di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Minggu (11/12/2022).

Kegiatan CFD secara rutin ini ditujukan sebagai ajang pemerintah dan ASN bertemu langsung dengan masyarakat.

Selain itu juga ditujukan untuk membangkitkan bisnis UMKM yang ada di sekitar lokasi acara.

Bupati melanjutkan, fokus pengembangan destinasi Pemerintah Daerah Solok Selatan adalah Kawasan Saribu Rumah Gadang, Hot Water Boom dan Goa Batu Kapal.

Di kawasan Saribu Rumah Gadang ini, pada 2023 pemerintah telah menganggarkan pemberian lampu hias pada jembatan Koto Baru dan jembatan merah, sehingga meningkatkan daya tarik.

"Dan kita akan upayakan semua bangunan di kawasan SRG ini kita manfaatkan untuk pelaku UMKM bisa berjualan di sana, dan even-even akan kita laksanakan juga di sini," imbuhnya.

Adapun kegiatan CFD ini merupakan agenda rutin mingguan pemerintah. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh elemen pemeritahan kabupaten, ASN, bersama dengan masyarakat. (DISKOMINFO)