Pemkab Dukung Karang Taruna Menjadi Terdepan Penggerak Nagari Dan Mitra Strategis Pemerintah

  Selasa, 13 September 2022   218 kali   Administrator

Padang Aro – Peran Karang Taruna sebagai organisasi sosial kemasyarakatan sangat dibutuhkan dalam proses pembangunan di nagari setempat.

Peran yang diemban tersebut perlu dioptimalkan dan didorong apalagi terkait dengan pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang. Untuk itu, Pemkab Solok Selatan lakukan pelatihan terhadap Karang Taruna Nagari yang bertempat di Hotel Pesona Alam Sangir, Selasa (13/09/2022).
Mungkin gambar 3 orang, orang berdiri dan teks
Pelatihan Karang Taruna ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan kesadaran dan tanggung jawab sosial sebagai generasi muda dalam mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah sosial di nagari.
Selain itu, Karang Taruna hendaknya dapat menciptakan inovasi, kreatifitas dan produktifitas serta ikut mendorong kewirausahaan dikalangan pemuda.
Mungkin gambar 4 orang, orang berdiri dan teks yang menyatakan 'INFORMASI PUBLIK Hak Anda Untuk Tahu MA/NAS V 3 ppid.solselkab.go.id'
Menurut Bupati H Khairunas, Karang Taruna merupakan salah satu unsur organisasi yang mesti menjadi yang terdepan sebagai penggerak dalam merespon dan menjadi mitra strategis pemerintah.
"Setiap pihak mempunyai peran dan ikut ambil bagian dalam mewujudkan kemajuan Kabupaten Solok Selatan. Termasuk Karang Taruna hendaknya dapat menciptakan solusi berbagai persoalan di nagari masing-masing’’, ungkap Bupati Solsel H Khairunas ketika membuka pelatihan.
Mungkin gambar 3 orang, orang berdiri, dalam ruangan dan teks yang menyatakan 'INFORMASI PUBLIK Hak Anda Untuk Tahu Rp.1.306.000 ppid.solselkab.go.id'
"Karang Taruna tidak hanya identik dengan panitia Agustusan saja, karang taruna harus mampu ikut ambil peran dalam pelaksanaan pembangunan dan kemajuan Kabupaten Solok Selatan", tegasnya.
Program yang dilaksanakan pemerintah, Karang Taruna hendaknya juga harus ikut berperan dan mensukseskan program tersebut. Seperti menciptakan Entrepreneur muda, ikut serta mengembangkan potensi wisata, dan juga ikut menekan aksi-aksi negatif anak muda dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang positif.
 
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Solok Selatan, Syamsuria juga menjelaskan, bahwa pelaksanaan Pelatihan Karang Taruna Tahun 2022 ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi karang taruna sebagai unsur pendukung yang sangat penting dalam pembangunan daerah, apalagi di nagari.
"Kegiatan ini kita laksanakan selama 2 hari. Masing-masing peserta karang taruna mewakili nagarinya untuk satu orang peserta. Kita memberikan pembekalan kepada karang taruna agar setelahnya bisa diterapkan langsung ke nagarinya dan bisa berdampak baik serta bermanfaat bagi nagari dan masyarakatnya," katanya.
Ke depannya, Pemkab Solok Selatan mengharapkan sinergitas semua elemen masyarakat dapat saling berperan dan bergotong royong untuk mencapai kemajuan pembangunan yang dimulai dari tingkatan bawah di masing-masing nagari. Sehingga dampak kemajuan tersebut juga menjadi salah satu upaya penting dalam percepatan pembangunan di Kabupaten Solok Selatan yang lebih maju dan sejahtera.
Pada kesempatan tersebut, juga diserahkan dana zakat untuk beasiswa, penyerahan bantuan konsumtif lansia dan penyaluran dana zakat usaha ekonomi produktif dari Baznas Solok Selatan.
Turut hadir mendampingi Bupati, Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, dan Ketua Baznas serta unsur BPJS. (DISKOMINFO)