Pastikan Pemerintah Berjalan Efektif dan Efisien, Pemkab Solsel Gandeng BPKP

  Rabu, 14 Desember 2022   190 kali   Administrator

Padang Aro - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menggelar Bimbingan Teknis Penilaian Mandiri Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) Terintegrasi Tahun 2022.

Tujuannya agar pengendalian internal atas penyelenggaraan kegiatan dilakukan dengan efektif dan efisien, mewujudkan keandalan laporan keuangan hingga keluarnya opini laporan keuangan tertinggi, yakni Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Bupati Solok Selatan yang diwakili Sekretaris Daerah, Dr. Syamsurizaldi mengatakan penyelenggaraan kegiatan penilaian mandiri SPIP menunjukkan komitmen pemerintah. Beliau mengajak Kepala OPD dan aparatur yang hadir agar mengikuti acara dengan serius.

"Diminta Kepala OPD dan peserta yang hadir serius dalam mengikuti kegiatan ini, karena kegiatan ini sangat menentukan hasil nilai Sakip dan nilai SPIP tahun 2023," kata Syamsurizaldi di Aula Sarantau Sasurambi, Rabu (14/22/2022)

SPIP yang diselenggarakan secara menyeluruh dilingkungan pemerintah daerah juga sebuah proses integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan atau kepala OPD dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi.

"Bapak Ibu Kepala OPD dan peserta yang hadir berkewajiban untuk melakukan penilaian mandiri pada unit kerja masing-masing, baik menggunakan aplikasi dan manual," jelas Sekdakab.

Sementara itu, Inspektur Solok Selatan menyebutkan penyelenggaraan Bimtek SPIP didasarkan kepada Undang-undang Nomor 2 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, dan Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Internal Pemerintah. 

"Kegiatan ini sebagai upaya pengendalian organisasi dengan tujuan pembantu penguatan SPIP dilingkungan Pemerintah Kabupaten Solok  Selatan, dimana saat ini masih berada pada level dua dan diharapkan pada tahun 2023 kita bisa berada pada level 3," katanya.

Senada, Kepala Perwakilan BPKP Sumbar, Dessy Adin mengatakan tanggungjawab pencapaian maturitas SPIP adalah tanggungjawab bersama, dan bukan satu atau dua OPD saja. 

"Seluruh OPD diminta untuk melakukan penilaian mandiri SPIP pada masing-masing OPD, dan diketuai oleh Sekretaris Daerah," paparnya.

Kegiatan Bimtek ini akan dilaksanakan selama empat hari, 14-17 Desember 2022, yang diikuti seluruh Tim Asesor dan Penjaminan Kualitas Atas Hasil Penilaian Mandiri Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan. (DISKOMINFO)