Kursus Lisensi Kepelatihan Sepak Bola Jadi Momentum Peningkatan Kualitas Olahraga di Solsel

  Senin, 26 Desember 2022   130 kali   Administrator

Padang Aro - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mengharapkan kualitas olahraga di kabupaten ini terus mengalami peningkatan melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pihak terkait. Langkah ini dibutuhkan agar Solok Selatan bisa mencapai prestasi olahraga yang lebih baik di masa depan.

Bupati Solok Selatan H. Khairunas mengatakan salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui kegiatan pelatihan lisensi D Nasional Diploma untuk pelatih sepak bola.

"Pelatihan ini menjadi sebuah langkah bagi dunia sepak bola di Kabupaten Solok Selatan, dalam upaya meningkatkan kualitas olahraga sepak bola," kata Khairunas saat membuka acara kursus kepelatihan di Hotel Pesona Alam Sangir, Senin (26/12/2022).

Diharapkan dengan kegiatan ini akan semakin banyak pelatih profesional yang berlisensi, yang akan melatih klub-klub sepak bola lokal sehingga mampu mencetak prestasi baik di daerah ini.

Menurut Bupati, faktor pelatih yang memiliki pengetahuan,  kemampuan,  dan memenuhi   beberapa   persyaratan menjadi salah satu faktor untuk mencapai prestasi.

Pelatih sebagai tokoh sentral dalam proses pelatihan olahraga, harus memiliki ciri-ciri ideal diantaranya  adalah  kepribadian,  kesegaran jasmani, kesehatan  mental, keterampilan,  pengetahuan dan tentunya pengalaman, hubungan masyarakat serta kerjasama dan kreatifitas

Pelatih harus selalu tampil prima secara  fisik  maupun  mental  di lapangan  pada  saat  latihan maupun pertandingan yang akan berpengaruh terhadap kejiwaan anak latihnya.

"Saya berpesan kepada para pelatih yang menjadi peserta dapat mengikuti seluruh materi dengan baik, sehingga   nantinya   lisensi   yang  didapatkan   akan   mampu digunakan secara  profesional," terangnya.

Di kesempatan yang sama, Anggota Komite Eksekutif (Exco) Asprov PSSI Sumatera Barat Erwin mengharapkan dengan adanya kursus kepelatihan ini akan terselenggara banyak kompetisi sepak bola di Solok Selatan.

"Kami mengapresiasi kegiatan ini dengan tujuan untuk meningkatkan persepakbolaan di Solok Selatan," kata Erwin.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Askab PSSI Solok Selatan dan akan berlangsung selama 26-30 Desember 2022. Diikuti sebanyak 30 orang peserta dari seluruh klub sepak bola di Solok Selatan. Kegiatan ini akan berlangsung paralel, di Hotel Pesona Alam Sangir dan praktek di GOR Rimbo Tangah. (DISKOMINFO)