Bupati Khairunas Terima Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumatera Barat

  Selasa, 28 Maret 2023   65 kali   Administrator

Padang Aro - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menyambut baik kunjungan Tim Safari Ramadhan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Dalam kunjungan ini disampaikan berbagai macam kegiatan yang telah dilakukan oleh pemerintah kabupaten yang sejalan dengan visi misi pemerintah provinsi.
Bupati Solok Selatan H. Khairunas mengatakan pemerintah kabupaten memiliki visi misi yang terintegrasi dengan pemerintah provinsi. Baik dalam pengembangan sumber daya manusia hingga mendukung falsafah Minangkabau.
"Atas nama pemerintah dan masyarakat mengucapkan terima kasih atas kunjungan Tim Safari Ramadhan Provinsi. Banyak visi misi pemerintah provinsi yang juga terintegrasi dengan visi misi Kabupaten Solok Selatan," kata Khairunas di Masjid Nurul Huda, Lubuk Gadang, Sangir, Senin (27/3/2023).
Dijelaskan, dalam bidang keagamaan saat ini pemerintah telah mendorong pembentukan rumah tahfidz di seluruh jorong se-Solok Selatan. Tercatat sudah terdapat sebanyak 275 rumah tahfidz binaan pemerintah kabupaten dan 104 rumah tahfidz mandiri.
Dari seluruh rumah tahfidz tersebut, terdapat sebanyak 9.700 tahfidz Qur'an setiap tahunnya yang diluluskan.
Di bidang pengembangan sumber daya manusia, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan telah menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Sumatera Barat.
"Sumbangsih APBD Provinsi juga cukup besar, seperti pembangunan jalan di Sungai Sungkai-Sungai Rumbai. Ini juga terus kami lanjutkan bersama pihak provinsi untuk diusulkan pembangunannya melalui dana APBN, yakni dana inpres," imbuh Khairunas.
Senada, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda juga menyambut dengan gembira kunjungan Tim Safari Ramadhan Provinsi ke Masjid Nurul Huda.
"Malam ini merupakan kunjungan keempat kali Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumatera Barat di Masjid Nurul Huda Jorong Lubuk Gadang, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir ini," ungkapnya.
Di kesempatan yang sama, perwakilan dari Tim Safari Ramadhan Provinsi, Andri Ashadi mengungkapkan kegiatan safari Ramadhan ini merupakan realisasi dari visi misi pemerintah provinsi.
"Terdapat dua hal yang bisa kita lihat. Mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkarakter. Kemudian menjalankan falsafah 'adat basandi sarak, sarak basandi kitabullah'," kata Andri.
"Kemudian ditindaklanjuti dengan penguatan pendidikan keagamaan, di antaranya melalui Tim Safari Ramadhan ini kita curahkan program ini, seperti dalam bentuk pelatihan, pemberdayaan, pembinaan kader organisasi," tandasnya.
Dalam kesempatan tersebut, Tim Safari Ramadhan ini juga menyerahkan bantuan untuk masjid senilai Rp 50 juta.
Pemkab Solok Selatan melalui Baznas juga merealisasikan Program Solok Selatan Peduli diantaranya, Bantuan Konsumtif Lansia dan Bantuan Biaya Pendidikan. (DISKOMINFO)