Bupati Khairunas: Pemerintahan Adalah Untuk Melayani Masyarakat

  Selasa, 8 November 2022   304 kali  

Padang Aro - Bupati Solok Selatan menegaskan bahwa karakter Pemerintah Kabupaten Solok Selatan adalah untuk melayani masyarakat. Untuk itu perlu dilakukan perbaikan dalam memberikan pelayanan agar menjadi lebih baik.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Solok Selatan H. Khairunas dalam kesempatan kunjungan kerjanya ke SMA N 3 Solok Selatan, Selasa (8/11/2022).

"Karakter pemerintahan adalah melayani, saya yakin, paradigma kesehatan di Solok Selatan dapat diubah, karena tidak ada yang tidak bisa dilakukan," kata Khairunas siang ini.

Bupati mengatakan, hal ini terlebih pada bidang kesehatan. Untuk itu jajaran kesehatan agar senantiasa memperbaiki layanan pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) maupun rumah sakit.

Kunjungan kerja ini dilakukan dalam rangka pemeriksaan oleh dokter rehabilitasi medik dan fisioterapi bagi pelajar dan guru terhadap keluhan neuro, muskulo, skeletal di SMAN 3 Solok Selatan sangat penting dalam upaya mengidentifikasi kelainan fisik dan motorik siswa dan guru.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Rendra, Sp.KFR, dokter fisioterapi RSUD Solok Selatan mengatakan bahwa fisioterapi adalah mengembalikan fungsi tubuh yang normal setelah terkena penyakit atau cedera. Jika tubuh menderita penyakit atau cedera permanen, fisioterapi dapat dilakukan untuk mengurangi dampaknya. Tindakan fisioterapi bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik itu penanganan secara manual maupun menggunakan alat.

Dalam melakukan pelayanan fisioterapi, dalam sehari melayani 40 hingga 50 pasien di RSUD Solok Selatan, dengan staf pelayanan 8 orang dalam satu ruangan. Sementara alat fisioterapi saat ini yang tersedia memiliki 5 jenis pelayanan.

Terkait pelayanan fisoterapi, Solok Selatan termasuk sebelas rumah sakit daerah di Sumatera Barat yang telah mempunyai layanan fisioterapi.

Lebih lanjut Bupati Khairunas menyatakan bahwa layanan Kesehatan di Solsel harus ditingkatkan. 

"Dengan jajaran manajemen rumah sakit, RSUD, RS Pratama dan Puskesmas dapat membawa kebaikan bersama," pungkas Khairunas.

Terkait peningkatan peralatan kesehatan pada seluruh layanan kesehatan, Bupati mengatakan agar segera mencicil pengadaan alat kesehatan yang diperlukan. Sehingga cita-cita Solok Selatan sehat dicapai. (DISKOMINFO)